DIET BAGI PASIEN AS #2 [Bagian 2 dari 3 bagian]



Piramida Makanan

Piramida makanan adalah panduan yang menunjukkan berbagai kombinasi makanan yang harus dikonsumsi seseorang yang normal supaya bisa hidup sehat. Piramida ini dengan berbagai variasinya sudah digunakan di 25 negara di dunia; termasuk Indonesia.[i]
Kecukupan gizi seseorang bisa dipenuhi dengan mentaati piramida gizi seimbang yang bisa dibagi menjadi tiga bagian, yakni bagian bawah, tengah, dan atas dengan kategori fungsi makanan masing-masing.
Di bagian bawah ada sumber zat tenaga atau karbohidrat. Ini dianjurkan untuk dikonsumsi lebih banyak karena untuk beraktivitas. Makanan ini bisa diperoleh dari beras, jagung, mi, kentang, singkong, roti, dan sagu.
Gambar  19.1
Piramida Panduan Makanan Original tahun 1992
Sumber: http://www.nal.usda.gov/fnic/Fpyr/pyramid.gif
Di bagian tengah piramida, ada sumber zat pengatur yakni vitamin dan mineral. Bisa diperoleh melalui konsumsi sayuran dan buah-buahan seperti kangkung, bayam, kacang panjang, pisang, jeruk, dan mangga.
Di bagian atas, ada sumber makanan zat pembangun dari protein dan lemak. Jenis makanan ini bisa diperoleh dari lauk pauk, yakni ikan, tempe, tahu, udang, daging, dan telur.
Sementara di ujung piramida, ada makanan ringan dengan kandungan gula dan garam yang dianjurkan untuk dikonsumsi seadanya, tidak boleh terlalu banyak. Seperti permen, es krim, dan makanan ringan lainnya.
Gambar  19.2
Tumpeng Makanan: Piramida Panduan Makanan Versi Indonesia

Sumber: http://menu-sehat-hemat.blogspot.com/2012/08/makanan-rendah-kalori_29.html
Banyak ahli gizi, seperti ahli gizi dari Harvard University,  Dr Walter Willett, percaya piramida 1992 tidak mencerminkan penelitian terbaru tentang ilmu diet.[ii] Pilihan diet tertentu telah dikaitkan dengan merangsang masalah misalnya tiga cangkir susu dan 8 oz (230 g), porsi hamburger setiap hari, secara teknis memang diizinkan di bawah piramida. Jika dilakukan dengan konsisten, maka ada kemungkinan seseorang kelebihan lemak jahat (Low-Density Lipoprotein = LDL) yang tidak diperlukan dan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Piramida original juga tidak memiliki diferensiasi dalam kelompok kaya protein ("Daging, Unggas, Ikan, Kacang Kering (dry nuts), Telur, dan Kacang").

Tahun 2005 di Amerika Serikat, pihak United State Department of Agriculture (USDA) mengeluarkan lagi panduan makanan sehat berbentuk piramida yang bernama “MyPyramid”. MyPyramid merupakan revisi dari piramida makanan yang sudah digunakan sejak tahun 1992.
 Gambar  19.3
Panduan Piramida Makanan MyPyramid

MyPlate adalah panduan gizi saat ini yang diterbitkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Menggambarkan nampan dengan piring dan gelas dibagi menjadi lima kelompok makanan. MyPlate menggantikan panduan MyPyramid USDA pada tanggal 2 Juni 2011, mengakhiri 19 tahun diagram piramida makanan USDA.
Gambar  19.4
Panduan Menu Diet Sehat MyPlate

Sumber: http://www.choosemyplate.gov/


...... [bersambung ke bagian 3]


[i] "Food-Based Dietary Guidelines in Europe". EUFIC REVIEW 10/2009. www.eufic.org.
[ii] "Food Pyramids: What Should You Really Eat?". www.hsph.harvard.edu

0 komentar:

Posting Komentar

STAND TALL Jilid -1

STAND TALL Jilid -1
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

PESAN BUKU STAND TALL ! JILID 1 DAN 2 DI TOKOPEDIA

STAND TALL Jilid- 2

STAND TALL Jilid- 2
Buku AS Bahasa Indonesia pertama di dunia. Untuk pemesanan buku POD-Print On Demand, silahkan hubungi penulis melalui menu header di sisi kanan atas situs ini.

BELI BUKU STAND TALL ! 1 SET DI BUKALAPAK.COM